never ending of learn

.
Home » , » kilas balik 2012(April-Mei)

kilas balik 2012(April-Mei)

Written By asmuni haris on Wednesday, January 30, 2013 | 12:23 PM

Seperti biasa saya browsing-browsing informasi sore hari menjelang pulang dari kampus d ruang laboran, entah sejak kapan saya telah fokus browsing informasi tentang Indonesia Mengajar. Bagi yang belum tahu Indonesia Mengajar, yakni sebuah gerakan untuk menyebarkan lulusan-lulusan sarjana terbaik secara akademik, komunikasi, prestasi, organisasi, dll (pokoknya semuanya harus baik lah...) ke daerah--daerah terpencil, terpelosok, atau terluar Indonesia selama 1 tahun dengan tugas utama sebagai guru Sekolah Dasar(SD) yang disebut dengan istilah Pengajar Muda (PM) dan memiliki tujuan utama memberi inspirasi siswa-siswa SD tersebut untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya serta memberi kesadaran terhadap orang tua mereka dan masyarakat akan pentinngnya pendidikan. Untuk lebih jelas nya silakan buka laman nya.


Ya, saat itu saya tertarik dan berniat untuk menjadi salah satu PM. Saya tertarik untuk mendaftar sebagai PM angkatan ke 5 yang akan ditutup pada pertengahan april waktu itu, tanggal 15 April 2012 (kalau saya tidak salah, he..). Proses pertama saya harus mendaftar online lewat laman yang ditunjuk diwebsite. Disitu diminta info pribadi, riwayat pendidikan, riwayat pelatihan yang pernah diikuti(dengan detil bidang, kapan, dan bidang pelatihannya), penguasaan bahasa asing(dengan detil level nya), riwayat menerima beasiswa, max 3 beasiswa(dengan nama institusi pemberi, kapan, tingkatannya->kampus, daerah, nasional/internasional), dana grant(hibah) yang pernah diterima(detilnya mirip dengan beasiswa), pengalaman organisasi, max 3 org (Nama Organisasi, tingkatnya, tipenya, jabatan dan jumlah periode nya, jumlah orang yang dikelola, dan kontribusi terbesar yang kita berikan), pengalaman kepanitiaan, max 3 kepanitiaan yang pernah kita laksanakan(detilnya nama kepanitiannya, dibawah organisasi apa, peran kita apa, jumlah orang yang dikelola, dan peran kita apa disitu), pengalaman kerja(detil kapan, dimana, dll) dan mengisi Essay. Saya menduga sebelumnya mengisi essay disini adalah cukup menulis beberapa paragraf dengan satu topik tertentu. Dan ternyata dugaan saya salah. Memang benar kita menulis beberapa paragraf, tetapi dengan sungguh banyak sekali topik sesuai banyak pertanyaan yang ada. Jadi kita harus menjawab beberapa pertanyaan dengan format mengarang bebas dengan batasan kata tertentu, yang saya ingat ada yang 250 atau 500 kata. Untung nya kita tidak harus mengisi semua jawaban pada saat yang sama karena sistem bisa menyimpan isian kita dan mengupdate nya dikemudian hari hingga sampai batas waktu pendaftaran. Hampir saja saya urungkan niat saat pertama melihat pertanyaan-pertanyaan yang ada karena saya mulai lebih sadar diri yang dicari memang bukan orang sembarangan, dia harus baik akademiknya, organisasinya, komunikasi, prestasinya dan baik dalam banyak hal. Saya ragu apakah saya bisa mengisi pertanyaan-pertanyaan ini dengan baik karena saya sadar saya tidaklah se-ideal sesuai profil yang dibutuhkan. Modal saya yang paling besar hanya memiliki niat untuk ikut mecerdaskan anak bangsa di pelosok sana.

Akhirnya saya bulatkan tekad untuk tetap mendaftar IM angkatan ke-5, entah kenapa saya memiliki keterpanggilan untuk harus menjawab surat Pak Anis Baswedan untuk menjadi PM, entah nanti berhasil atau tidak menjadi PM, yang penting surat ini sudah saya jawab.

2 Dosen untuk referensi yang harus juga ada di isian sudah saya hubungi ketersediannya. Terima kasih atas ketersediannya waktu itu untuk Bapak PD III FASILKOM saat itu(Pak Syam), yang saya anggap banyak tahu tentang sepak terjang saya didunia keorganisasian dan kuliah, serta Pembimbing Tugas Akhir 1 saya(Pak Ari). Selain itu hasil otodidak saya mengarungi samudera Aplikasi U-Lead untuk membuat sebuah video profil diri yang juga diminta dalam isian pendaftaran telah berhasil saya launching di youtube. Tepat beberapa jam sebelum pendaftaran resmi ditutup, mengahiri perjuangan selama lebih kurang 1 bulan sejak awal april hingga mei 2012 dalam mempersiapkan "proposal" ini, saya klik tombol "apply" aplikasi saya untuk IM ke-5.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. asmuni haris - All Rights Reserved
Template Created by : Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger